Minggu, 07 Februari 2016

Mengapa ada angpao, kembang api dan suasana merah di hari raya imlek?

Hai guys. Ketemu lagi nih. Sebelumnya, aku mau ngucapin Happy Lunar New Year buat yang merayakannya yah.. Nah, sekarang apa yang dipikiran kalian waktu mendengar kata "Hari Raya Imlek"?. Biar ku tebak. Pasti yang pertama kali muncul di pikiran kalian itu angpao, baju baru, sepatu baru, tas baru, main petasan, barongsai dll. Tapi, kalian tau gak kenapa setiap hari raya imlek selalu ada hal-hal itu?. Nah, kali ini aku mau menceritakannya.
Konon, dahulu kala di sebuah desa, setiap hari pertama di musim semi, akan ada seorang monster yang bernama "Nian". Mungkin ada diantara kalian banyak yang sudah sering mendengar cerita ini, tapi ga papa lah hehehe.. Monster ini suka memakan orang-orang di desa tersebut. Orang-Orang didesa tersebut pun merasa resah. Pada suatu hari ada seorang pengembara tua. Pengembara tua itu berkata bahwa dia tau cara untuk menaklukkan monster kejam tersebut. Pada hari itu, monster kejam itu datang kembali. Tetapi, orang - orang di desa tersebut sudah tidak resah lagi. Mereka memakai baju berwarna merah, menggantung lampion di rumah mereka. Melihat keadaan yang bernuansa merah, monster tersebut berlari ke kamar para anak-anak. Orang tua para anak-anak sudah memakaikan baju berwarna merah kepada anak-anak mereka dan menyelipkan sebuah amplop merah di samping bantal mereka. Nian pergi keluar kamar. Tetapi orang tua menyalakan petasan dan kembang api sehingga menimbulkan suara berisik. Nian tak tahan lagi dan pergi meninggalkan desa tersebut. Untuk merayakan kepergian monster tersebut, orang-orang di desa tersebut pun membuat boneka yang menyerupai nian dan memainkannya dengan diiringi tepukan gendang dll yang sgat berisik dan menjadikan nya kesenian khas orang tiong hoa. Kini, kita mengenalnya sebagai kesenian barongsai.
Nah kenapa ada baju baru dan segala sesuatu yang baru?
Karena, orang zaman dulu itu jarang pake baju seperti itu. Baju merah yang dimaksud disini adalah "baju qipao"
Nah, sekarang kita uda tau nih asal usul dari nuansa merah khas imlek. Semoga informasi kali ini bermanfaat yah guys. Tunggu cerita ku selanjutnya yahhh.
Thanks for reading :)

1 komentar: